23/04/09

KONDISI GEOGRAFIS KAMONJI

Kondisi Geografis
Letak dan batas – batasnya

Secara Geografis Kelurahan Kamonji berada dikawasan Kotamadya Palu Propinsi Sulawesi Tengah, yang terdiri dari 15 RT dan 6 RW. Dengan luas wilayah 0,85 Km2, pada ketinggian 8 m diatas permukaan laut dan beriklim tropis, dengan suhu udara rata – rata 35oC.

Adapun batas wilayah Kelurahan Kamonji sebagai berikut :

§ Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Lere dan Kelurahan Baru.

§ Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Bayaoge

§ Sebelah Timur Berbatasan dengan Kelurahan Siranindi.

§ Sebelah Barat Berbatasan dengan Kelurahan Donggala Kodi.


Kondisi Demografis

a. Jumlah dan Kepadatan Penduduk

§ Jumlah penduduk di Kelurahan Kamonji berkisar 7.287 jiwa.

§ Kepadatan Penduduk di Kelurahan Kamonji berkisar 8.573 jiwa / Km2 dengan luas wilayah sebesar 65,60 Ha.

b. Komposisi penduduk menurut Jenis Kelamin

Jumlah penduduk Kelurahan Kamonji berkisar 7.287 jiwa mendiami wilayah seluas 0,85 Km2, dengan angka kepadatan penduduk 8.573 jiwa / Km2. Jumlah penduduk berjenis kelamin laki- laki sebanyak 3.634 jiwa dan perempuan 3.653 jiwa. Masyarakat di Kelurahan Kamonji sebagian besar menganut agama islam, kemudian diikuti oleh agama Kristen, Khatolik, Budha dan Hindu.

Laju pertumbuhan angka kerja relatif sangat kecil dibandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk. Hal ini disebabkan kondisi ekonomi yang mengalami krisis berkepanjangan yang cenderung membahayakan peluang kesempatan kerja jika dilihat dari struktur umur produktif (16 – 61 tahun keatas) atau usia dewasa terdapat 7.720 jiwa, struktur usia tersebut merupakan potensi tenaga kerja produktif yang secara kuantitatif sangat kasar, sedangkan jika dilihat dari kualitas pendidikan potensi tersebut sangat sedikit.


Kondisi Sosial Budaya dan Ekonomi

Masyarakat Kelurahan Kamonji yang terdiri dari berbagai etnis sebagai hasil pembauran kebudayaan etnis kalili yang notabenya etnis asli setempat dengan etnis pendatang seperti Bugis, Arab, Cina serta etnis pendatang lainnya. Mayoritas penduduk kelurahan Kamonji memeluk agama Islam, sehingga kondisi sosial budaya yang bernuansa Islami sangatlah kental kita jumpai di seluruh pelosok Kelurahan Kamonji, sekarang dikenal masyarakat kota Palu sebagai daerah pusat perdagangan dan jasa. Karena Kelurahan Kamonji merupakan pusat perdagangan dan jasa menjadikan daerah tersebut sebagai daerah pusat pertumbuhan ekonomi dan sebagai daerah ciri khas daerah pusat ekonomi terjadi asimilasi kebudayaan masyrakat asli dengan masyarakat pendatang kemudian membaur menjadi satu kesatuan. Pada Kondisi sekarang Kelurahan Kamonji didominasi oleh etnis Bugis yang hidup damai dengan masyarakat beretnis lainnya dengan nilai toleransi yang tinggi.

Ditinjau dari segi ekonomi Masyarakat Kelurahan kamonji rata-rata bekerja dibidang pelayanan jasa dan perdagangan untuk wilayah kota Palu, yang berkisar 194 usaha, sedangkan yang menjadi buruh dibidang niaga mencapai 186 jiwa, rata-rata penduduk di Kelurahan kamonji menggeluti mata pencaharian di bidang non agraris. Hal ini dipengaruhi karena letak Kelurahan Kamonji berada di tengah pusat perdagangan dan jasa angkutan kota palu, sehingga mata pencaharian mayoritas penduduk Kelurahan Kamonji adalah dagang dan jasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar