30/04/09

Anggaran PNPM Mandiri Ditambah Rp 4 Triliun

Jakarta, Kominfo Newsroom -- Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan, untuk pemulihan ekonomi pada tahun 2010, alokasi anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri akan ditambah sebesar Rp 4 triliun dari tahun 2009 yang hanya Rp 13,7 triliun.

''Penambahan alokasi dana PNPM itu ditempuh sebagai bagian dari upaya penjangkauan program tersebut ke seluruh kecamatan di Indonesia,'' kata Paskah usai rapat koordinasi di gedung Depkeu Jakarta, Rabu (15/4).

Menurutnya, pada tahun 2010 pemerintah menginginkan program PNPM bisa dijangkau seluruh kecamatan di Indonesia. Namun, diakuinya, di sisi lain, penambahan alokasi PNPM tersebut tentu membawa konsekuensi terhadap peningkatan beban anggaran.

Oleh karena itu, tambahan alokasi dana Rp4 triliun bagi program PNPM pada 2010 akan diperoleh dari hasil penghematan atau optimalisasi pelaksanaan program-program yang diselenggarakan pada 2009.

''Dengan adanya alokasi pendanaan PNPM yang meningkat, diharapkan setiap kecamatan akan mendapatkan dana langsung Rp 3 miliar,'' katanya.

Dijelaskannya, selain PNPM, pada tahun 2010 pemerintah juga akan meneruskan program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat, yaitu Biaya Operasional Sekolah (BOS), Jaminan Kesehatan Masyarakat, Kredit Usaha Rakyat, Beras untuk Masyarakat Miskin, dan penyediaan rumah sakit gratis bagi masyarakat tidak mampu.

''Intinya, tahun 2010 adalah tahun pemulihan ekonomi. Fokus pemerintah pada program-program Jaring Pengaman Sosial adalah menambah luasan cakupan programnya,'' katanya. (T.Ia/ysoel)

Sumber : www.endonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar